POST artikel

Apa Itu Bahasa Pemrograman, Pengertian dan Fungsinya


Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman, atau sering disebut dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini adalah seperangkat aturan sintaksis dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer untuk menentukan data mana yang akan diproses oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan / diteruskan, dan langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Tingkat Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrogaraman memiliki tingkat kedekatan dalam bahasa manusia yaitu :

  1. Bahasa Mesin, yaitu untuk memberikan perintah komputer menggunakan kode bahasa biner, misalnya, 01100101100110. Bahasa ini saat kita membuat sebuah instruksi kepada komputer maka data yang di kirim tersebut adalah bilangan biner. Jadi cukup sulit kalo misalkan seorang programmer merancang sebuah program dengan kode biner tersebut.
  2. Bahasa tingkat rendah, atau biasa di panggil sebagai Bahasa Majelis (Assembly), yaitu, memberikan perintah ke komputer yang menggunakan kode pendek (kode mnemonik), misalnya, kode_mesin | MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, DSB.
  3. Bahasa tingkat menengah, yaitu, bahasa komputer yang menggunakan kombinasi instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh bahasa tingkat tinggi di bawah) dan instruksi simbolis, misalnya {,},? & , ||, dll.
  4. Bahasa tingkat tinggi, yaitu bahasa komputer dengan instruksi berasal dari elemen kata-kata bahasa manusia, misalnya, begin, end, if, for, while, and, or, dll.) Komputer dapat memahami bahasa manusia, membutuhkan program compiler atau interpreter.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsi bahasa pemrograman terdiri dari memerintah komputer untuk memproses data sesuai dengan aliran pemikiran yang kita inginkan. Output dari bahasa pemrograman dalam bentuk program / aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di pusat perbelanjaan atau supermarket, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.

Bahasa pemrograman yang kita kenal adalah sebagian besar dunia, ilmu komputer dan teknologi saat ini. Perkembangannya mengikuti inovasi yang kuat yang dilakukan di dunia teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang dipahami termasuk membuat aplikasi game, antivirus, web, dan teknologi lainnya.

Bahasa komputer pemrograman kita tahu meliputiJava, Visual Basic, C++, C, Cobol, PHP, .Net, dan ratusan bahasa lainnya. Tapi tentu saja, persyaratan linguistik ini harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya.

Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu:

  1. Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
  2. High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
  3. Middle Level Language (seperti bahasa C), dan
  4. Low Level Language (seperti bahasa Assembly)

Bahasa Pemrograman Populer

Berikut grafik bahasa pemrograman yang populer berdasarkan google trend